Hiburan,Informasi & Motivasi

Sedikit Tentang Artificial Intelligence & kemungkinan komputer dapat berpikir mandiri ?


ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

AI bertujuan untuk menciptakan komputer-komputer yang dapat berfikir (dan juga) dapat melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasakan , selain itu AI juga dapat digunakan untuk pengembangan fungsi normal komputer yang digabungkan dengan kecerdasan manusia, seperti memberi alasan, menarik kesimpulan, belajar dan memecahkan masalah.

Apakah perkembangan komputer sejauh ini belum memperlihatkan prilaku intelijen tersebut ?

Bila kita melihat perkembangan teknologi saat ini dan melihat tujuan AI diatas secara umum dapat dikatakan bahwa perkembangan komputer saat ini telah memperlihatkan prilaku yang intelijen. Sebuah robot asimo misalnya robot tersebut dapat berfikir, melihat, mendengar, berbicara dan merasakan. Hal ini mencakup sebagian besar dari tujuan AI.

Mungkinkah komputer dapat berpikir mandiri ? (Berpikir sebagai salah satu kriteria cerdas)

Pernakah anda menonton film dimana terjadi pertempuran antara manusia dan robot(komputer) yang awalnya dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia namun seiring perkembangannya robot (komputer) itu berbalik melawan manusia?

pengembangan fungsi normal komputer yang digabungkan dengan kecerdasan manusia, seperti memberi alasan, menarik kesimpulan, belajar dan memecahkan masalah adalah tujuan lain dari AI.

Namun rasanya tida mungkin bila komputer dapat berpikir mandiri, dalam hal ini dapat bekerja diluar dari program yang sudah dibuat untuk komputer itu sendiri.

Berbeda dengan manusia yang memiliki penciptaan yang sempurna dan memiliki kreatifitas sehingga dapat berbuat sesuai apa yang diinginkan, komputer hanya dapat bekerja sesuai dengan program yang ada.

Dan bila kita mengaitkan hal tersebut dengan agama,dalam hal ini Islam. Bukan kah Allah berfirman dalam al Qur’an ( Al Baqarah :117 ) yang artinya:

Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: “Jadilah!” Lalu jadilah ia.

Dan dalam surat At Tin:4 yang artinya:

sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

(QS. 95:4)

Maka dari penjelasan diatas sudah jelas bahwa sesungguhnya hanya Allah yang Maha Pencipta dan Manusia diciptakan dalam sebaik-baiknya bentuk penciptaan.oleh karna itu manusia dapat berpikir dan bekerja sesuai apa yang diinginkannya.

AUL@HIM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s