Hiburan,Informasi & Motivasi

Pahala Pelaku Shalat Jumat (1)


Hari jumat mempunyai keistimewaan-keistimewaan, dan karenanya ada pahala yang dijanjikan bagi orang yang melakukan ibadah pada hari tersebut.Ibadah yang dapat dilakukan pada hari tersebut diantaranya melaksanakan shalat jumat. Syara’ mengategorikan ibadah ini sebagai kewajiban bagi laki-laki.

tentang pahala bagi orang-orang yang melaksanakan sholat jumat, Rasulullah bersabda:

“tujuh puluh malaikat duduk di atas setiap pintu masjid pada hari jumat menulis nama-nama jamaah. Sampai,orang terakhir ditulis adalah orang yang datang ketika imam duduk diatas mimbar. orang ini menempati derajat terendah dari pelaku shalat jumat.Orang tersebut diampuni dosa-dosanya yang dilakukan antara dua jumat”.

firman Allah:

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal kami sentiasa bertasbih dengan memujiMu dan mensucikanMu?. Tuhan berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya”(QS.Al Baqarah:30).

setelah kejadian itu para malaikat takut dan mengelilingi ‘Arsy sebanyak tujuh kali. Allah lalu mengampuni kesalahan mereka dan memerintahkan mereka membangun sebuah bangunan diatas bumi,sehingga kelak apabila keturunan adam melakukan kesalahan dan bertawaf mengelilingi bangunan tersebut,Allah akan mengampuni mereka sebagaimana Allah mengampuni para malaikat.kemudian mereka turun dadn membangun ka’bah dibumi.

pada waktu air bah menggenangi bumi , Allah mengangkat batu tersebut kelangit keempat. lalu allah menciptakan sebuah menara disamping ka’bah,dan memberinya nama bait al-ma’mur . panjang menara itu adalah panjang lima ratus tahun. Ketika jum’at datang, jibril naik diatas menara mengumandangkan adzan. kemudian isrfil naik keatas mimbar dan berkhutbah semaentara mikail menjadi imam shalat bagi para malaikat.

ketika selesai shalat, jibril berkata, “aku tidak memperoleh pahala dari adzan ini.aku telah memberinya bagi orang2 yg mengumanandangkan adzan dibumi.”

israfil berkata,”aku tidak mendapat pahala dari khutbah yg aku sampaikan. aku memberikannya bagi orang2 yg berkhutbah dibumi.”

lalu Mikail berkata, “aku tidak memperoleh pahala karena menjadi imam. akumemberikannya kepada orang2 yg menjadi imam shalat pada hari jumat di bumi.”

para malaikat lain pun berkata,”kami tidak memperoleh pahala dari jamaah.kami telah memberikannya kepada semua orang yang melaksanakan sholat jumat dibelakang imam.”

Setelah itu,Allah Swt. berkata,” wahai malaikat-malaikatKu, apakah kalian memuliakan hamba-Ku?Padahal Aku adalah Maha Mulia. Wahai malaikat -Ku,Aku menjadikan kalian sebagai saksi bahwa Aku mengampuni dosa mereka.Ini semua dikhususkan untuk umat Muhammad, tidak ada bagian bagi unat-umat lainnya.”

sumber kitab Ushfuriyah.

nantikan lanjutannya : pahala pelaku shalat jumat (2)

Aul@HIM

Tinggalkan Balasan

